Silabus Mata Kuliah


Matematika Ekonomi (EKO 500)

Mata kuliah ini akan membahas konsep-konsep matematik dan aplikasinya untuk ekonomi seperti fungsi, aljabar matriks, dan optimisasi baik dengan atau tanpa kendala. Konsep matematika dinamis seperti aplikasi persamaan deferensial untuk ekonomi juga akan dikenalkan secara ringkas. 3(3-0)

Akhmad Fauzi
Rina Oktaviani

 

Teori Mikroekonomi (EKO 501)

Kelangkaan dan tingkah laku ekonomi : optimasi, pilihan, efisiensi ekonomi dan pasar. Teori konsumsi dan permintaan, teori produksi, biaya dan penawaran. Konsep surplus konsumen dan produsen. Penetapan harga pada berbagai struktur pasar. Pasar faktor produksi dan pengantar teori keseimbangan umum. 3(3-0)

Akhmad Fauzi
Rina Oktaviani

Teori Makroekonomi (EKO 503)

Konsep pendapatan nasional, permintaan Agregat: teori konsumsi, investasi, pengeluaran pemerintah, neraca perdagangan, penawaran dan permintaan tenaga kerja. Inflasi dan pengangguran, neraca pembayaran dan pertumbuhan ekonomi. Membandingkan teori Klasik, Keynes, Moneteris, Neo-Klasik, Neo-Keynes dalam bidang stabilisasi, teori dan kebijakan fiskal dan moneter. 3(3-0)

Hermanto Siregar
Anny Ratnawati
Noer Azam Achsani

 

Ekonometrika (EKO 507)

Dalam kuliah ini, konsep-konsep dasar ekonometrika dan aplikasinya akan dikenalkan. Penekanan akan diberikan pada OLS, 2SLS, sistem regresi (SURE) dan maximum likelihood serta aplikasinya untuk analisis ekonomi sumberdaya alam.3(3-0)

Prasyarat : EKO 510, EKO 503

Bambang Djuanda
Achmad Fachrudin

 

Ekonomi  Sumberdaya Alam (ESL 521)

Membahas teori dasar Ekonomi Sumberdaya Alam (Fundamental Theorem of Natural Resource Economics) baik yang pulih maupun yang tidak pulih. Dibahas analisis klasik statis maupun dinamis diskrit dan kontinyu dari deposit tunggal (single deposit), pengguna dan penggunaan tunggal (single use and single user), backstop technology, species tunggal (single species), habitat tunggal (single habitat), serta struktur dan kegagalan pasar pada penggunaan dan pengelolaan sumberdaya alam. 3(3-0)

Akhmad Fauzi
Kastana Sapanli

 

Ekonomi Kelembagaan (ESL 526)

Mata kuliah ini akan membahas sejarah pemikiran dan aspek-aspek ekonomi kelembagaan baik formal maupun non formal. Secara detail kuliah ini akan membahas kasus-kasus analisis kelembagaan melalui analisis SSP (Situation, Structure and Performance) dan pengaturan institusional dalam kaitannya dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya kelautan.  3(3-0)

Prasyarat : EKO 501, EKO 503

Aceng Hidayat
Bramasto Nugroho
Eva Anggraini

 

Metodologi Penelitian Ekonomi Kelautan Tropika (ESL 602)

Falsafah penelitian kelautan, Isu-isu strategis ekonomi sumberdaya kelautan tropis, Konsep-konsep penelitian untuk sosial ekonomi kelautan dan perikanan. Penekanan akan diberikan pada pengembangan hipotesa, teknik pengambilan contoh, dan analisis kualitatif serta kuantitatif dalam rangka pemecahan masalah pengembangan maupun pengelolaan sumberdaya kelautan tropika. 3(2-3)

Didin S. Damanhuri
Tridoyo Kusumastanto
Diniah

 

Ekonomi Maritim (ESL 629)

Pengambilan keputusan ekonomi dalam transportasi maritim, ekonomi seaborne trade dunia, GDP dan maritime depence, supply and demand transportasi maritim dunia dan nasional.  Seaborne trade dan pertumbuhan ekonomi, ekonomi bisnis pelayaran, pembiayaan dalam bisnis pelayaranan serta implikasi peraturan nasional dan dunia pada ekonomi maritim.3(2-3) 

Luky Adrianto
Nimmi Zulbainarni

 

Sumberdaya Kelautan dan Pembangunan Ekonomi Nasional (ESL 651)

Dalam mata kuliah ini, akan membahas topik dan issu-issu penting berkenaan dengan sumberdaya kelautan, permasalahan serta perannya dalam pembangunan nasional. Teori Pembangunan dalam pengembangan potensi sumberdaya kelautan baik yang dapat pulih maupun yang tidak pulih serta pengembangannya untuk kesejahteraan masyarakat. 3(2-3)

Prasyarat : ESL 501, EKO 503, ESL 521

Tridoyo Kusumastanto
Achmad Fachrudin
Zulhamsyah Imran

 

Karakteristik dan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan Tropika (ESL 625)

Kuliah ini akan mempelajari karakteristik pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan tropis serta permasalahan pengelolaannya serta kebijakan pengembangannya. Kajian mendetail akan diberikan pada sistem sumberdaya alam (natural ecosystem resources), sistem manusia (human system) dan sistem pengelolaan (management system) serta aspek pengelolaan usaha, analisis ekonomi dan finansial serta kajian investasi yang diperlukan dalam pengusahaan sumberdaya kelautan perikanan tropis.3(2-3)

Prasyarat : ESL 521

Tridoyo Kusumastanto
Luky Adrianto
Fredinan Yulianda

 

Kebijakan Kelautan (ESL 653)

Teori dan analisis kebijakan kelautan, kajian permaslahan dan perumusan kebijakan pembangunan ekonomi kelautan, analisis pemecahan masalah dan formulasi kebijakan serta analisis kasus kebijakan. Pilihan kebijakan pembangunan kelautan yang didasarkan pada rasionalitas, optimasi disertai hukum, politik maupun kelestarian sumberdaya dan lingkungan.3(2-3)

Tridoyo Kusumastanto
Hasyim Jalal
Arif Satria

 

Ekonomi Logistik Maritim (ESL 654)

Analisis ekonomi multimoda transport dan logistik (MTL) yang berkaitan dengan operasi pelabuhan, pelayaran, dan logistik, karakteristik MTL serta keterkaitannya dengan rantai pasok (supply chain), segmentasi pasar,serta prinsip-prinsip perencanaan ekonomi logistik maritim, Issu yang berkembang dalam MTL, termasuk perannya dalam sistem transportasi regional, nasional, dan global, analisis kuantitatif dalam ekonomi logistik maritim serta tantangan pembangunan logistik maritim dalam pembangunan negara maritim. 3(2-3)

Marimin Karsodimejo 
Budi Hascaryo
Heti Mulyati

Ekonomi Pelabuhan (ESL 655)

Klasifikasi port users dan suplliers dalam jasa kepelabunan (port serviice), peran pelabuhan dalam pertumbuhan ekonomi nasional dan dunia,  kurva permintaan dan suplai pelabuhan, aktivitas operasi pelabuhan,  produksi dan biaya pelabuhan, investasi dan harga pelayanan pelabuhan, kinerja pelabuhan dan kompetisi.  Tatakelola pelabuhan dan aglomerasi, pengembangan pelabuhan dan pembangunan ekonomi nasional.3(2-3)

Tridoyo Kusumastanto
Budi Hascaryo

 

Ekonomi  Kelautan (ESL 658)

Teori dan aplikasi ekonomi kelautan, analisis sektor, model analisis ekonomi wilayah, Perpekstif ekonomi dalam tata ruang wilayah laut , keterkaitan dan ketergantungan antar faktor ekonomi dan sektor ekonomi, ekonomi kesejahteraan dalam pembangunan kelautan serta tinjauan kuantitatif dalam pembangunan ekonomi kelautan. 3(2-3)

Tridoyo Kusumastanto
Setia Hadi
Achmad Fahrudin

 MATA KULIAH KODE 700 HANYA BOLEH DITAWARKAN OLEH PS PENGAMPU S3

Teori Mikroekonomi  Lanjut (EKO 701)

Merupakan lanjutan dari Teori Mikroekonomi yang mempelajari teori konsep global dan lokal optimum. Maksimisasi utilitas, pilihan, permintaan dan ketidakpastian. Teknologi, fungsi keuntungan, maksimisasi keuntungan, minimalisasi biaya, dualitas dan produksi. Struktur pasar dan game theory. Perdagangan: keseimbangan Walrasian, the first theorem of welfare economics dan the second welfare theorem. Analisis keseimbangan: the core of an exchange economy, general equilibrium dynamics, proses-proses Tatonement dan Nontatonement. 3(3-0)

Akhmad Fauzi
Rina Oktaviani

 

Teori Makroekonomi  Lanjut (EKO 702)

Merupakan lanjutan dari Teori Makroekonomi yang mempelajari konsep dan teori pertumbuhan setelah Solow, teori overlapping generation, teori pertumbuhan endogenous, ekspektasi rasional, real business cycle, konsumsi, investasi, inflasi, pengangguran dan kebijakan stabilisasi fiskal dan moneter.3(3-0)

Hermanto Siregar
Noer Azam Achsani
Anny Ratnawati

 

Ekonometrika Lanjut (EKO 703)

Merupakan lanjutan dari Ekonometrika. Pembahasan lebih lanjut pendekatan dan metodologi penelitian ekonometrika. Model time series, cross section dan pool data. Model sistem persamaan: spesifikasi, identifikasi, pendugaan, evaluasi, peramalan dan simulasi model. Model pendugaan : teknik persamaan tunggal dan teknik sistem persamaan, dasar pemilihan metode pendugaan. Konstruksi dan aplikasi model ekonometrika: model produksi, konsumsi dan pasar domestik, model komoditi, perdagangan, industri, sektoral, regional dan agregasi nasional.3(3-0)

Bambang Djuanda
Achmad Fachrudin
Noer Azam Achsani

 

Ekonomi Sumberdaya Alam Lanjut (ESL 721)

Merupakan lanjutan dari  Ekonomi Sumberdaya Alam yang akan membahas lebih lanjut aspek dinamis analisis inter-temporal, Optimum Control Theory, analisis Phase-plane untuk multiple deposite, multiple uses/user, multi species, multi habitat dan ketidakpastian, biaya eksplorasi dan penilaian stok. Selanjutnya dibahas kebijakan intervensi koreksi pasar dengan tujuan optimalisasi kesejahteraan masyarakat sekarang dan masa depan. 3(3-0)

Akhmad Fauzi
Yusmana Syaukat

 

Model Ekonomi Dinamis untu Sumberdaya Alam dan Lingkungan (ESL 722)

Kuliah ini akan membahas dinamika ekonomi wilayah pesisir melalui pendekatan sistem dinamis.  Secara khusus kuliah ini membahas aplikasi persamaan differensial (ordinary differential equation) dan sistem differensial untuk kegiatan ekonomi wilayah pesisir.  Topik-topik tipe keseimbangan antara lain keseimbangan fokus, saddle point keseimbangan pusat yang akan dipelajari dalam kaitannya dengan ekonomi pesisir.  Selain itu kuliah ini juga akan membahas pendekatan phase-phase diagram teknik linearisasi untuk memecahkan sistem dinamik wilayah pesisir.3(2-3)

.

Akhmad Fauzi
Ahmad Fachrudin

 

Ekonomi Kelautan Lanjut (ESL 724)

Mempelajari kontribusi sumberdaya Alam dalam pembangunan nasional, pendekatan kelembagaan dan ekonomi dalam alokasi, serta peran masyarakat dalam pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan laut.  Konsep dan model optimum dan multiple use dalam sumberdaya kelautan baik yang pulih maupun yang tidak pulih. Dalam mata kuliah ini akan dikenalkan pengertian model dan simulasi dan aplikasinya untuk sumberdaya kelautan. Mata kuliah ini, juga akan mengenalkan piranti-piranti lunak untuk pemodelan dan simulasi ekonomi serta konsep analisis sensitivitas.3(2-3)

Tridoyo Kusumastanto
Sugeng Budiharsono
Agus Sadeli

 

Kebijakan Ekonomi dalam Pengelolaan Pembangunan Kelautan Berkelanjutan (ESL 275)

Mempelajari pilihan kebijakan dari pengelolaan sumberdaya pesisir dan lautan didasarkan pada rasionalitas, optimasi dan analisis dinamik serta pertimbangan kelestarian sumberdaya dan lingkungan pesisir dan lautan.3(2-3)

Tridoyo Kusumastanto
Eva Anggarini
Luky Ardianto

 

Ekonomi Kelembagaan Lanjut (ESL 726)

Mempelajari  analisis kelembagaan melihat keterkaitan antara produk kebijakan dan kelembagaan dengan kinerja pengelolaan sumberdaya dan produk kebijakan dan perundangan. Produk kebijakan dan peraturan perundang-undangan dalam pengelolaan sumberdaya  dan analisis konten dan hubungan antar aktor. Mengetahui hukum laut yang mengatur pengelolaan sumberdaya kelautan di Indonesia. 3(3-0)

Akhmad Fauzi
Aceng Hidayat

 

Analisis Biaya Manfaat dalam Pembangunan Kelautan Berkelanjutan (ESL 278)

Konsep-konsep dasar ekonomi dalam pembangunan kelautan, Teori Pembangunan, Analisis Pertumbuhan Ekonomi, Pemerataan pembangunan Analisis  kelayakan pembangunan. Ekonomi spasial dalam pembagunan kelautan.Ekonomi Biru (Blue Economy), Analisis Ekonomi  Pengembangan Wilayah, Pembangunan Berkelanjutan.3(2-3)                                                  

Achmad Fahrudin
Sugeng Budiharsono
Didin S. Damanhuri

 

Kebijakan Kelautan Lanjut (ESL 729)

Merupakan lanjutan Kebijakan Kelautan yang membahan permaslahan dan perumusan kebijakan pembangunan ekonomi kelautan, analisis pemecahan masalah dan formulasi kebijakan serta analisis kasus kebijakan.  Pilihan kebijakan pembangunan kelautan yang didasarkan pada rasionalitas, optimasi disertai hukum, politik maupun kelestarian sumberdaya dan lingkungan.3(2-3)

Tridoyo Kusumastanto
Marimin Karsodimejo

 

Ekonomi Sumberdaya Kelautan Lanjut (ESL 741) 

Kontribusi sumberdaya kelautan dalam pembangunan nasional, pendekatan kelembagaan dan ekonomi dalam alokasi, serta peran masyarakat dalam pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan laut.  Konsep dan model optimum dan multiple use dalam sumberdaya kelautan baik yang pulih maupun yang tidak pulih. Dalam mata kuliah ini akan dikenalkan pengertian model dan simulasi dan aplikasinya untuk sumberdaya kelautan. Mata kuliah ini, juga akan mengenalkan piranti-piranti lunak untuk pemodelan dan simulasi ekonomi serta konsep analisis.3(2-3)

Prasyarat : ESL 521, ESL 652

Eva Anggraini
Luky Adrianto
Achmad Fahrudin

 

Konflik Maritim dan Sumberdaya Kelautan (ESL 753)
Mata kuliah ini membahas tipologi konflik: intra negara, inter negara, non negara dan ekstra negara dengan karakteristik politik, ekonomi dan sosio-kultural. Konflik maritim dan sumber daya kelautan meliputi tiga hal: pertama, kedaulatan (kekuasaan) wilayah, batas, lintas batas, pemukiman, aksesibilitas dan transportasi. Kedua, eksploitasi sumberdaya alam pulih, tidak pulih dan lingkungan. Ketiga  kejahatan, penyelundupan, pencurian dan pembajakan. Implikasi konflik maritim dan sumberdaya pada ekonomi negara, pengelolaan sumberdaya dan wilayah serta kebijakan pembangunan.3(2-3)
                                                                                                                                                                      Tridoyo Kusumastanto
Sugeng Budiharsono
Luky Ardianto

 

 

 

UK Bookamekrs http://gbetting.co.uk Free Bets

Hubungi Kami

Alamat :
Jl. Kamper Wing 10 Level 4
Kampus IPB Darmaga
Bogor 16880


• Telp :
-
0251 - 8425476
- 0251 - 8621834
• Fax : 
0251 - 8425476